Monday, September 22, 2014

KISAH NABI ISA AS


KISAH NABI ISA AS



Kelahiran Nabi Isa AS
Nabi Isa a.s adalah Nabi dan Rasul ke 24, berdakwah kepada Bani Israil tujuannya meluruskan kembali ajaran yang telah dibawa oleh nabi-nabi terdahulu. Lahir di Bait al lahm  ( Betlehem) atau palestina, ibunya bernama Maryam seorang wanita solihah yang dididik oleh pamannya Nabi Zakaria a.s.
Karena kehendak Allah SWT maryam mengandung tanpa memiliki suami,  semua itu hal yang mudah bagi Allah SWT. Semua orang mencemoohkan Maryam dan menuduhnya telah melakukan perbuatan keji. Maryam tetap sabar, tabah dan tawakal. Setelah melahirkan orang-orang semakin mencemoohkan Maryam, dengan izin Allah bayi yang baru lahir itu berkata dengan perkataan yang fasih dan jelas: Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku kitab Injil, dan Dia menjadikan aku seorang Nabi. (QS. Maryam:30). Akhirnya mereka meminta maaf dan mereka sadari bahwa Maryam adalah wanita sholihah yang suci.
Mukjizat Nabi Isa as.
Nabi Isa a.s. diberi wahyu oleh Allah melalui malaikat Jibril pada usia 30 tahun. Allah menganugerahkan Nabi Isa as. Beberapa mukjizat, diantaranya: menghidupkan orang yang sudah mati, menyembuhkan orang yang buta, menyembuhkan orang yang sakit kusta, membuat seekor burung yang hidup dari tanah (QS. Ali Imran:49)
Nabi Isa as. Ditugaskan oleh Allah menyuruh orang-orang untuk menyembah Allah SWT, berbuat baik, meyayangi orang-orang yang lemah, berbakti kepada kedua orang tua dan mengerjakan shalat. Nabi Isa diselamatkan Allah SWT dengan cara diangkat ruh dan jasadnya ke langit, Allah menyerupakan Yahuza seperti Nabi Isa as, seorang murid Nabi Isa as. yang berkhianat, sehingga balatentara Romawi menangkap Yahuza lalu menghukum mati dengan cara disalib.

Sifat-Sifat Nabi Isa a.s.
1.Beberapa sifat Nabi Isa a.s. yang harus kita teladani adalah:
1.        2.Rajin belajar dan patuh kepada orang tua
2.        3.Tidak pernah takut dengan ancaman orang-orang jahat, pemberani dan amanah
3.        4.Selalu melindungi orang lemah, menyayangi orang-orang yang tidak mampu
4.        5.Tidak pernah dendam, selalu sabar, tabah dan tawakal kepada ALLAH SWT 

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts